rss
twitter

Welcome to our world.. To WhiteGrey Area.. Nikmati hal yang kami suguhkan Jelajahi hal yang kau inginkan.. Di sini.. semua tersedia.. Hanya Untukmu..

Check It Out,,

Pingin Pintar? Sekolah via Google Saja!

0

posted by | Posted in | Posted on

Mbah google. Tanya mbah google saja. Sebutan ini semakin familiar di telinga. Sebegitu hebatnya google menjadi trade mark untuk setiap pencarian. Bahkan banyak orang pintar, pandai hanya belajar lewat google. Di internet tidak ada istilah autodidak. Semua ada gurunya hanya kadang banyak orang tak mau mengakuinya. Beda dengan dunia nyata, memang ada orang yang hanya utak-atik lalu bisa ini itu dan dapat stempel orang pinter. Yah hanya dengan utak-atik sendiri. Kalau dengan internet ingin bisa sesuatu tinggal cari info, artikel, tips trik yang bertebaran itu. Itulah gurunya internet via google sebagai terminal awal pencarian. Ini yang saya sebut sekolah lewat google.

Cukup ketikkan kata kunci tertentu, semakin spesifik maka akan semakin akurat apa yang kita cari. Tips pencarian di google juga sudah banyak yang menulisnya. Tinggal menggerakan jari dan enter, maka sederetan pilihan artikel dan sejenisnya akan tersuguhkan. Sepertinya ilmu memang tersedia semua komplit. Kurang lengkap berbahasa nasional pakai saja bahasa internasional. Tidak bisa berbahasa internsional pakai saja google translate. Atau saudara bisa mengeklik menu (Laman berbahasa asing yang telah diterjemahkan) di bagian samping kiri dari halaman google seperti pada gambar berikut. 

Jadi tidak ada alasan kekurangan artikel tentang apa yang kita cari.

Pernah dengar siswa SMP pembuat antivirus Artav itu kan? Apakah ia diajari gurunya untuk membuat antivirus? Saya yakin tidak.Ini hanya untuk penguatan bahwa belajar itu tidak harus dari guru yang berwujud manusia nyata, tapi bisa lewat internet, via google. Memang yang menulis tutorial atau artikel yang kita anggap sebagai ilmu di internet itu jelas seorang manusia, manusia yang mau berbagi tanpa harus pamrih mendapatkan imbalan dalam bentuk material. Kuncinya belajar di internet (mungkin via google sebagai terminal pencarian) adalah rasa ingin tahu yang kuat, mau mencoba dan mencoba, lalu berkarya menuangkan kreativitas diri.

Ayo rajin belajar dari google, ayo sekolah di google, kalau sudah pintar ayo kita jadi guru untuk berbagi pengalaman. Ambil ilmunya dulu kalau sudah hebat saatnya mengembalikannya ilmu dan pengalaman lewat tulisan-tulisan kita di blog. Omong-omong jangan nunggu hebat dulu deh tar semakin malas berbagi. Dapat pengalaman sedikit, tulis saja. Sekarang jadi siswa sebentar lagi kita sudah bisa jadi guru, siswa di internet dan guru di internet juga. Gak perlu dapat ijazah. Tapi hati-hatilah sebab belajar yang bersumber dari internet membuat kita tidak akan pernah puas untuk belajar, banyak sekali yang pasti ingin kita ketahui. Jadi waspadalah, waspadalah… waspadalah! :D 


sumber : urip.wordpress.com

Comments (0)

Post a comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.