rss
twitter

Welcome to our world.. To WhiteGrey Area.. Nikmati hal yang kami suguhkan Jelajahi hal yang kau inginkan.. Di sini.. semua tersedia.. Hanya Untukmu..

Check It Out,,

Cosplay..

1

posted by | Posted in | Posted on


Ada yang tahu tentang cosplay? Hmm.. kalau belum, mari kita tengok di sini.. check it out..
Cosplay (コスプレ, kosupure) berasal dari kata “costume” dan “roleplay”, yang berarti suatu hobi untuk berdandan dan berperan menjadi serupa karakter anime, manga, game video, jrock, jpop… dan masih banyak lagii.. jadi cosplay itu, kita berdandan kayak tokoh kartun, anime, video game gitu.. Para pemain cosplay di sebut cosplayer, biasanya nih, mereka pakai kostum yang berasal dari jepang. Karena di Indonesia sangat jarang ada cosplayer yang mengambil tokoh dari luar asia.


Nah di jepang sendiri, cosplay mulai terkenal sekitar tahun 1985. Cosplay pertama sendiri saat  Kritikus Mari Kotani menghadiri konverensi dengan mengenakan kostum seperti tokoh cerita A Fighting Man of Mars karya Edgar Rice Burroughs.  Namun para peserta menyangka Mari Kotani mengenakan kostum tokoh manga Triton of the Sea karya Osamu Tezuka. sehingga media massa sering menulis kostum Triton of the Sea sebagai kostum cosplay pertama yang dikenakan di Jepang.
Selanjutnya, kontes cosplay dijadikan acara tetap sejak Nihon SF Taikai ke-19 tahun 1980. Peserta mengenakan kostum Superman, Atom Boy, serta tokoh dalam Toki o Kakeru Shōjo dan film Virus.[3] Selain di Comic Market, acara cosplay menjadi semakin sering diadakan dalam acara pameran dōjinshi dan pertemuan penggemar fiksi ilmiah di Jepang.
Nah, di Indonesia sendiri, Cosplay mulai pada awal 2000-an, beberapa event seperti Gelar Jepang UI mengadakan Event Cosplay. Tetapi saat itu belum ada yang berminat, cosplay pertama saat itu hanyalah EO dari acara Gelar Jepang tersebut
Beranjak dari Event Jepang, beberapa pemuda-pemudi (kebanyakan pemudi) di Bandung memperkenalkan gaya Harajuku dan hadirnya cosplayer pertama yang bukan merupakan EO saat itu. Berlanjut hingga sekarang, hampir tiap bulannya selalu ada event cosplay di Jakarta, dan di kota-kota besar di Indonesia.
Dan saat ini penikmat Cosplay bukan hanya ikut meniru dan memakainya, tapi bisa juga menjadi fotografer pada event tersebut lho..
Nah, gitu sedikit info tentang Cosplay. Terutama bagi penggemar anime dan manga nih.. hhehe.. moga aja bisa jadi hiburan menarik ya, tapi jangan sampai di di slah gunakan. Hiburan itu boleh, namun jangan berlebihan.. Oke.. siip lah.. ^_^

                                                -B_Lee14-

Comments (1)

Post a comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.